Halaman

Minggu, 02 September 2012

KESALAHAN TEKNIK DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

 Secara garis besar permainan Bola Basket dilakukan dengan mempergunakan tiga unsur teknik yang menjadi pokok permainan, yaitu : mengoper dan menangkap bola (pasing and catching), menggiring bola (dribbling), serta menembak (shooting). Ketiga unsur teknik tadi berkembang menjadi berpuluh-puluh teknik lanjutan yang memungkinkan permainan bola basket hidup dan bervariasi. Misalnya, dalam teknik mengoper dan menangkap bola terdapat beberapa cara seperti : tolakan dada (chest pass), tolakan di atas kepala (overhead pass), tolakan pantulan (bounce pass) dan lain sebagainya. Dalam rangkaian teknik ini, dikenal pula sebutan pivot yaitu pada saat memegang bola, salah satu kaki bergerak dan satu kaki lainnya tetap di lantai sebagai tumpuan. Dibawah ini penulis akan menjelaskan pada teknik apa saja kesalahan bisa terjadi.

Teknik Memegang Bola
Ini merupakan teknik paling sederhana dalam permainan bola basket namun pemain meremekan atau melalaikan teknik ini. Pada teknik ini kesalahan yang dibuat biasanya pemain memegang bola basket dengan sembarangan tanpa mengetahui cara yang dianjurkan. Akibat dari kesalahan ini, jika kita akan melakukan tembakan atau shooting akan melenceng. Dalam memegang bola, awalnya tangan membentuk sikap mangkok besar. Bola berada diantara telapak tangan. Telapak tangan melekat disamping bola agak kebelakang. Kemudian jari – jari tercentang melekak pada bola basket.

( http://ml-mul.blogspot.com/2007/05/permainan-bola-basket.html )

Teknik Mengoper Dan Menerima Bola
Dalam teknik ini, Anda harus siap dan tidak hanya asal cepat mengoper bola ke teman. Namun Anda harus dapat memperkirakan apakah teman anda nantinya bisa menangkapnya. Kalau ada lawan yang menghalangi jalan, pastikan Anda mengarahkan kepada teman Anda kemana mereka akan berlari supaya mereka tidak terlambat sewaktu menangkap bola operan dari Anda. Tapi kebanyakan pemain melakukan kesalahan pada teknik ini. Banyak kesalahan yang penulis lihat dari teknik ini misalnya : banyak lemparan bola yang dapat di cuting atau diputus oleh pihak lawan, lemparan bola banyak yang tidak bisa ditangkap oleh penerima bola, ini bisa saja disebabkan karena pengoper tidak bisa teknik mengoper bola dan penerima juga tidak bisa melakukan teknik menerima bola dengan benar dan mungkin bisa terjadi karena miss komunikasi.
Operan pada umumnya dilakukan dengan dua bahkan satu tangan serta harus cepat, tepat dan keras, tetapi tidak liar sehingga dapat dikuasai oleh kawan yang menerimanya. Namun mengoper tidaklah semudah orang menduga. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengoper bola antara lain :
  1. Arah bola ke sasaran harus terhindar dari serobotan ( intercept) lawan.
  2. Timing harus tepat
  3. Perasaan (feeling)
  4. Hindari lemparan menyilang
Untuk dapat melakukan operan dengan baik harus dapat menguasai macam-macam teknik dasar melempar dan menangkap bola dengan baik. Teknik dasar melempar bola tersebut antara lain :
  1. Chest Pass ( Operan dada)
  2. Bounce Pass ( Operan pantulan)
  3. Over Head Pass ( Operan dari atas kepala)
  4. Baseball Pass ( operan jarak jauh ( fast break))
  5. Operan samping
  6. Operan lengkungan samping
  7. Operan kaitan.

Teknik Menggiring Atau Mendrible Bola
Dalam teknik mendrible, pemain biasanya melakukan kesalahan pada saat mendrible bola, mereka menundukan kepalanya saat mendrible bola, jadi bola mudah untuk diambil atau direbut oleh pihak lawan. Kemudian pebasket saat mendribel bola terlalu tinggi dan ada juga yang tidak tahu cara menggiring bola, hanya asal – asalan menggiring.
Bentuk – bentuk menggiring atau mendrible bola :
  1. Mendrible rendah adalah untuk mengontrol atau menguasai, terutama dengan pemain lawan dalam menerobos pertahanan lawan.
  2. Mendrible tinggi adalah digunakan untuk kecepatan, jadi saat ingin mendrible bola dengan cepat maka badan agak ditegakkan tapi jangan sampai menegakkan badan sampai 180O karena bola akan mudah di rebut oleh lawan.
  3. Mendrible campuran menurut kebutuhan. Perubahan mendrible bola dari tinggi ke rendah atau sebaliknya sangat dibutuhkan untuk gerakan tiba – tiba karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dalam pertandingan dan menggunakan cara apa lawan akan menjaga atau merebut bola dari kita.
Dalam hal ini banyak pemain tidak bisa melakukan teknik mendrible bola dengan benar. 
( Tehnik Basket, http://bolabasket.wordpress.com/2008/04/03/playoff-di-depan-mata/ )

Teknik Lay Up
Lay up adalah usaha memasukkan bola ke ring basket dengan dua langkah dan meloncat. Cara melakukannya adalah pertama, langkah lebar dengan kaki kanan kedepan sedangkan langkah kedua lebih kecil dengan kaki kiri ke depan untuk lay up dengan tangan kanan dan sebaliknya lay up dengan menggunakan tangan kiri kemudian di lanjutkan dengan meloncat setinggi-tingginya agar lebih dekat dengan ring Basket.( http://turnbasketball.blogspot.com/2008/09/istilah-dalam-permainan-bola-basket.html). Tetapi kebanyakan lay up yang dilakukan oleh pemain basket tidak beraturan, mereka sembarangan dalam melakukan lay up, sehingga yang terjadi banyak bola yang tidak masuk kedalam ring basket karena kesalahan atau cerebohnya pemain dalam melakukan teknik lay up.

Teknik Menembak
Teknik menembak berkaitan erat dengan gerak tipu, lompat, blok dan lain sebagainya. Begitu banyak teknik permainan yang harus dikuasai oleh seorang pemain bola basket, sehingga sulit untuk diperinci satu-persatu dalam makalah ini. Namun demikian, dengan menguasai ketiga unsur teknik pokok tadi serta beberapa lanjutannya, seseorang sudah dapat melakukan permainan bola basket, walaupun tidak sempurna. Tetapi tidak jarang banyak bola waktu shooting yang tidak bisa masuk ke ring basket. Mungkin itu banyak kesalahan yang dilakukan pemain misalnya shooting dalam hal ini masuk tidaknya bola kedalam ring dipengaruhi oleh sikap kita, terkadang pemain melakukan kesalahannya pada saat memegang bola, pembentukan sudut, kuda- kuda kaki dan yang mereka lupakan adalah keyakinan pada kemampuan diri mereka sendiri. Mereka sendiri terkadang tidak percaya kalau bola tembakan atau shootingnya akan masuk kedalam ring basket. Yang kedua menembak dengan posisi melayang atau disebut juga dengan jump shoot. Dalam jump shoot ini, pemain biasanya kurang memiliki keseimbangan yang bagus kemudian dari situ akan terjadi kesalahan teknik yang berakibat fatal, yaitu bola akan keluar dari lintasan atau melenceng dan itu akan menyebabkan terjadinya bola liar.
Shooting atau menembak ini harus dilakukan sesering mungkin untuk melatih anak merasakan gerakannya dengan benar serta dapat terlatih ketepatannya. Untuk para atlet yunior biasanya penekanan latihan pada dua macam cara dalam melakukan shooting atau menembaknya antara lain :
  1. One Hand Shoot (Tembakan satu tangan).
  2. Two Hand Shoot (Tembakan dua tangan).

Pivot
Pivot adalah suatu usaha menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki lain dapat berputar 360o ( Tehnik Basket. http://turnbasketball.blogspot.com/2008/09/istilah-dalam-permainan-bola-basket.html ). Tapi kebanyakan orang akan melakukan pivot, akan  melakukan kesalahan yaitu traveling atau juga foul. Kesalahan pada pivot ini terjadi karena salah satu kaki kurang memliki keseimbangan yang bagus.

Rebounding
Rebound adalah suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain menangkap atau mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembakkan oleh pemain lain. Pebasket yang melakukan rebound kebanyakan adalah yang berada posisi center (tengah) dan Power Forward. Karena rebound lebih efektif untuk orang yang bertubuh lebih tinggi dan yang lebih dekat dengan ring basket. ( Tehnik Basket. http://www.sameng.blogdetik.com/ ).  Dalam hal ini kesalahan mungkin bisa terjadi karena pebasket tidak tahu kapan waktu meloncat untuk menangkap bola, lalu saat rebound pebasket lupa tidak menjauhkan bola dari lawan karena jika tidak, bola akan mudah di rebut oleh lawan, jadi rebound akan terbuang sia–sia. Dalam rebound yang perlu di perhatikan adalah pertama kamu harus lebih dekat dengan ring, pebasket harus tahu kapan waktu yang ideal untuk melakukan loncatan untuk menangkap bola atau memenangkan tangkapan dengan lawan, kemudian kamu harus menjauhkan bola hasil rebound dari lawan supaya tidak di rebut oleh lawan.

Block Shot:
Melakukan blok terhadap tembakan lawan, Kesalahan biasanya dilakukan pebasket saat lawan akan melakukan tembakan atau shooting kita melompat terlebih dahulu, kemudian posisi tangan pebasket tidak sejajar dengan tubuh. 


sumber: http://alipjk08.wordpress.com/2010/12/01/kesalahan-teknik-dalam-permainan-bola-basket/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Michael Jordan Quotes

“Talent wins games, but teamwork and intelligence wins championships.”